Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Senin, 31 Oktober 2016

Tag:

Review Anime: Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu


Re:Zero merupakan adaptasi novel karya Nagatsuki Tappei yang selain menjadi anime, karya beliau diadaptasi juga menjadi manga. Berkisah tentang Subaru yang terlempar ke dunia lain dan mempunyai kemampuan khusus demi menyelamatkan seorang wanita.
Apakah Re:Zero benar-benar merupakan anime yang bagus atau hanya sekadar hype yang tinggi?

Another isekai but is actually more than that

Tema Re:Zero memang merupakan isekai, sebuah tema dimana sang MC terlempar ke dunia lain. Dalam kasus ini Subaru, seorang hikkikomori, terlempar ke dunia lain sehabis dari mini market. Dunia yang didatangi Subaru merupakan sebuah dunia fantasi yang memiliki berbagai ras, seperti tema isekai pada umumnya. Kemudian Subaru menemui dirinya dalam masalah yang akhirnya diselamatkan oleh seorang perempuan half elfEmilia.
Subaru bersama Emilia kemudian bertualang bersama mencari sebuah benda milik Emilia yang hilang dicuri. Kemudian mereka kembali menemui masalah yang berakhir dengan kematian Subaru dan Emilia. Tetapi cerita tidak selesai, Subaru menyadari bahwa ia memiliki kemampuan untuk reset ke checkpointtertentu setiap kali ia mati.
Sekilas memang seperti tema isekai pada umumnya, tetapi di sini Subaru tidak mempunyai keahlian yang hebat seperti Kirito atau kepintaran seperti Shiro. Subaru sama seperti Kazuma, tetapi keadaan Kazuma lebih beruntung karena terjebak di dunia lawak. Dunia yang Subaru datangi jauh lebih serius dan mempunyai berbagai macam konflik dan peristiwa, dan Subaru hanya memiliki kemampuan reset-nya untuk melewati berbagai macam peristiwa.
Masalahnya, peristiwa yang ada tidak semudah itu. Peristiwa tersebut terkadang melibatkan sesuatu yang tidak mungkin Subaru hadapi sendirian karena ketidakmampuannya dalam bertarung atau bahkan melibatkan bala tentara dan seorang musuh besar yang kejam.
Di sinilah menariknya Re:Zero. Para penonton selalu dibuat penasaran bagaimana Subaru melewati berbagai macam peristiwa yang mungkin para penonton rasakan bahwa peristiwa tersebut terlalu berat untuk Subaru hadapi seorang diri.

Character development!

Saya bisa bilang perkembangan karakter pada seri ini dieksekusi dengan sangat baik. Meskipun tidak semua mendapatkannya, tetapi beberapa karakter kunci mempunyai perkembangan yang sangat bagus. Pertama tentu saja best girl seri ini: Rem. Pada awalnya Rem mempunyai sifat yang sangat dingin dan tidak segan-segan melakukan apapun demi majikannya. Setelah diusut, ternyata masa lalu Rem lah yang membuatnya menjadi seperti itu. Pertemuan dengan Subaru dan peristiwa yang dialaminya membuat sifat Rem menjadi lebih lunak dan jatuh cinta dengan Subaru (mending sama saya, mbak).
Selain Rem, satu lagi karakter yang mempunyai perkembangan yang sangat baik adalah main hero seri ini, Subaru. Sebenarnya saya agak tidak ikhlas, tetapi saya harus mengakui bahwa perkembangan Subaru sangat terasa di sini. Kita akan menyaksikan perkembangan karakter Subaru dari yang mudah putus asa dan menyedihkan hingga menjadi Subaru yang tegar. Pada arc terakhir seri ini, Subaru berada pada posisi paling menyedihkan karena harus bersujud kepada Crusch, direndahkan oleh Priscilla, hingga ditipu oleh Anastasia. Bagaimana tidak, Subaru menghadapi masa yang sangat sulit karena harus menghadapi kematian Rem yang sangat sadis dan Emillia berulang kali. Setelah menghadapi loopberulang kali, pada akhirnya Subaru berhasil membuat negosiasi antara Crusch dan Anastasia untuk melancarkan serangan ke witch cult untuk mencegah kematian Emillia, bahkan hingga memimpin pasukan tersebut setelah mengalahkan paus putih.

Still have a lot of mysteries and holes


Meskipun menghadirkan cerita yang baik, sayangnya Re:Zero masih menyisakan misteri yang cukup banyak. Penjelasan mengenai dunia yang didatangi Subaru nyaris tidak ada. Para penonton hanya dihadirkan petunjuk-petunjuk untuk menggambarkan dunia tersebut. Padahal menurut saya hal ini krusial untuk sebuah anime dengan tema isekai.
Selain itu masih banyak misteri seperti hubungan sesungguhnya antara Emilia dan Puck, apa itu witch cult, mengapa hanya Subaru yang memiliki kekuatan untuk loop, apakah ada orang lain selain Subaru, apakah benar Felix seorang pria, dan masih banyak misteri lainnya. Biarpun begitu saya masih memaklumi karena Re:Zero sendiri masih lanjut di light novel-nya yang semoga saja dijelaskan ke depannya. Selain itu hal ini menimbulkan banyak spekulasi dan perdebatan di dunia maya yang tentu saja menarik untuk diikuti.


Terima kasih sudah membaca review dari saya, maaf jika memang ada yang salah atau kurang detail. Ngomong ngomong nih tim manakah kalian? Rem atau Emilia-tan?

About Me

Hi, My Name is Agung Pribadi. I'm a college student of iSTTS Surabaya and I'm liked Japan so much, so you can call me weeaboo (hahaha lol). I'm here with my friend called Ade and Christopher. We are here to provide a blog(you dont say).

10 komentar :

  1. Bagus reviewnya. Saran kalo nyebut nama chara dr seri lain mending beritahu juga dr seri mana,misal kazuma dari konosuba atau kirito dr sao

    BalasHapus
  2. Kau begitu sempurna
    Di mataku kau begitu indah
    Kau membuat diriku akan slalu memujimu

    Di setiap langkahku
    Ku kan slalu memikirkan dirimu
    Tak bisa kubayangkan hidupku tanpa cintamu

    *
    Janganlah kau tinggalkan diriku
    Takkan mampu menghadapi semua
    Hanya bersamamu ku akan bisa

    Reff:
    Kau adalah darahku
    Kau adalah jantungku
    Kau adalah hidupku
    Lengkapi diriku
    Oh sayangku, kau begitu
    Sempurna.. Sempurna..

    Kau genggam tanganku
    Saat diriku lemah dan terjatuh
    Kau bisikkan kata dan hapus semua sesalku

    Back to *

    BalasHapus
  3. Kau begitu sempurna
    Di mataku kau begitu indah
    Kau membuat diriku akan slalu memujimu

    Di setiap langkahku
    Ku kan slalu memikirkan dirimu
    Tak bisa kubayangkan hidupku tanpa cintamu

    *
    Janganlah kau tinggalkan diriku
    Takkan mampu menghadapi semua
    Hanya bersamamu ku akan bisa

    Reff:
    Kau adalah darahku
    Kau adalah jantungku
    Kau adalah hidupku
    Lengkapi diriku
    Oh sayangku, kau begitu
    Sempurna.. Sempurna..

    Kau genggam tanganku
    Saat diriku lemah dan terjatuh
    Kau bisikkan kata dan hapus semua sesalku

    Back to *

    BalasHapus
  4. I like this anime. It's so awesome.
    Good job >.< b

    BalasHapus
  5. Wah kayak nya seru ini,Terima Kasih Informasinya ^^

    BalasHapus
  6. gua kecewa ama subadrun padahal mbak rem tulus dan baik hati tapi kenapa lu...akhhhhh gua kecewa.#TEAMREM

    BalasHapus

Silahkan Komentar dengan Bahasa yang Baik