Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Minggu, 30 Oktober 2016

Tag:

Perbedaan Anime dan Kartun

Masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara kartun dan anime. Walaupun dari segi tampilannya sama-sama berupa animasi, namun kartun dan anime sangan jauh berbeda.Mungkin di beberapa forum atau grup masih ada aja orang yang memperdebatkan antara Anime dan Kartun. Beberapa ada yang bilang berbeda, dan ada yg mengatakan sama-sama berbentuk animasi, bahkan karena perdebatan ini malah jadi memicu flaming di dalam grup atau forum.

Bagi penonton yang kurang berpengalaman, pastinya mereka akan beranggapan jika cartoon dan anime itu sama. Namun tentunya, pendapat berbeda akan dilontarkan mentah-mentah oleh para pencinta anime di seluruh dunia. Mereka beranggapan jika anime dan kartun sangatlah berbeda dari segi manapun. Disamping dari asal kedua tipe film ini yang berbeda, tahukah kalian jika sebenarnya amsih banyak lagi perbedaan yang terliaht sangat mencolok. Nah, ada beberapa kategori yang akan kita gunakan untuk membandingkan anime vs cartoon ini, hmm, mana kira-kira yang lebih menarik ya?

1. Bentuk Karakter Anime vs Kartun!
Untuk kategori pertama, kita akan membandingkan anatara anime dan cartoon barat ini. Dari bentuk, anime bisa dibilang lebih kreatif daripada kartun, setuju nggak? Kenapa saja bilang lebih kreatif? Itu dikarenakan tokoh anime lebih banyak variasi dan bentuk karakter dari pada cartoon barat. Kita ambil contoh saja dari warna dan bentuk rambut anime. Tentu kalian dapat melihat bentuk rambut yang pastinya sangat sulit dibentuk jika itu ada di dunia nyata, bukan? Berbanding terbalik dengan Anime, Cartoon barat biasanya hanya menggunakan beberapa jenis rambut dan jauh sekali dari kata aneh seperti pada anime.


2. Jalan Cerita Anime vs Kartun!
Meskipun dibilang sama, jalan cerita anime dan kartun nyatanya sangatlah berbeda. Terlihat dari jalan cerita, kartun dipeastikan memang dibuat untuk menghibur. Hal ini tentunya berbeda dengan anime yang jalan ceritanya sangatlah rumit dan tidak hanya untuk hiburan semata. Sebagai contoh, kartun barat biasanya dibuat dengan menggunakan animasi hewan sebagai tokoh utama mereka, cenderung sangat berbeda dengan anime yang selalu menggunakan ilustrasi manusia dan desain yang rumit.

3. Proses Pembuatan Anime vs Kartun!
Bagi kalian pencinta anime, pastinya telah mengetahui jika pada awalnya anime berasal dari sebuah komik atau novel yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah serial anime. Dalam proses ini, tentunya komik ataupun novel yang ingin diadaptasi harus telah mempunyai pamor di masyarakat. Berbeda dengan kartun barat yang prosesnya terbalik, biasanya kartun barat dimulai dari tayangan filmnya terlebih dahulu, setelah mereka mendapatkan pamor, maka akan dibuatlah versi komiknya.

4. Pewarnaan Animasi Anime vs Kartun!
Pernahkah kalian menyadari jika warna rambut pada karakter anime itu beraneka ragam? Ya, entah apa yang dipikirkan oleh para pengarang anime sehingga karakter mereka selalu diberikan rambut yang berwarna-warni dan bentuk aneh yang tidak lazim. Sebaliknya, pewarnaan pada kartun barat mungkin terlhat lebih unggul dan realistis. Contohnya saja seperti Spongebob Squerpants. Mister Crab diberikan warna merah, karena memang pada dasarnya kepiting berwarna merah. Begitu juga shandy Squirell yang warnanya tidak jauh dari coklat gelap. Ada juga tokoh lain seperti Donald bebek yang berwarna putih dan Buny Bugs yang berwarna abu-abu.


Kartun biasanya hanya sebagai hiburan belaka, sedangkan anime selain sebagai hiburan juga dapat memaksa kita berpikir "mengapa hal itu terjadi?". Bahkan banyak pula para penggemar anime tertentu yang mencari-cari informasi dari berbagai sumber mengenai suatu kejadian yang terjadi dalam anime itu yang bahkan belum pernah diungkap dalam alur cerita yang sesungguhnya

About Me

Hi, My Name is Agung Pribadi. I'm a college student of iSTTS Surabaya and I'm liked Japan so much, so you can call me weeaboo (hahaha lol). I'm here with my friend called Ade and Christopher. We are here to provide a blog(you dont say).

4 komentar :

  1. Tambahan ko. Perbedaan anime dan kartun juga ada di FPS (Frame per Second) -nya.

    BalasHapus
  2. Wah kayak nya seru ini,Terima Kasih Informasinya ^^

    BalasHapus
  3. Karena topik ini perang antar wibu dan ningen dimulai :D

    BalasHapus

Silahkan Komentar dengan Bahasa yang Baik